Jumat, 23 November 2012

gunung meletus

 http://www.mentari.biz/gunung-bromo-meletus.html

Gunung Bromo Meletus

Gunung Bromo Meletus – Gunung Bromo membuat kaget warga sekitar karena sekitar pukul 17.40 letusan kecil terjadi di Gunung Bromo. Letusan menimbulkan kepulan asap berwarna kelabu kehitaman dengan ketinggian kolom asap sekitar 500 meter.
“Sebelum meletus, gempa tremor semakin rapat dengan amplitudo sekitar 15 milimeter. Karena tremor membesar, gempa vulkanik sudah tidak terekam,” tutur Ketua Tim Tanggap Darurat Gunung Bromo Gde Suantika.
Gunung Bromo Meletus
Letusan kecil tersebut hanya berkisar di wilayah kawah Gunung Bromo meletus. Karenanya, warga belum perlu dievakuasi. Menurut Gde, letusan ini mungkin diikuti letusan lain yng lebih besar. Warga sekitar gunung Bromo di radius 10 kilometer pun telah dihimbau untuk bersiap-siap mengungsi.
Himbauan akan gunung bromo meletus tersebut dituliskan dalam bentuk poster dan ditempel di tempat-tempat strategis agar dapat di baca oleh warga. Isinya berupa 5 sikap dan langkah-langkah yang harus ditempuh oleh masyarakat desa bila gunung Bromo sewaktu-waktu meletus tiba – tiba.
Berikut 5 himbauan tersebut:
1. Masyarakat diharap bersikap tenang dan waspada terhdap perkembangan gunung Bromo.
2. Masyarakat wajib mengikuti petunjuk dan instruksi pemerintah.
3. Bila ada peringatan untuk evakuasi melalui sirine maupun kentongan, masyarakat diharapkan mengikuti langkah-langkah yang disiapkan pemerintah.
4. Arah evakuasi menuju kendaraan yang telah disiapkan pemerintah maupun kendaraan swadaya masyarakat. Warga bakal dibawa mengungsi ke Pos Tanggap Darurat di Desa Sukapura.
5. Pada saat evakuasi, warga hanya diperbolehkan membawa barang-barang yang penting.
Himbauan tersebut ditandatangani oleh Wakil Ketua I dan Wakil Ketua II Tim Tanggap Darurat Bencana Bromo, yakni Dandim 08520 Probolinggo Letkol Inf Heri Setiono dan Kapolres Probolinggo AKBP Zulfikar Tarius.
Lihat juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar