Jumat, 23 November 2012

tanah longsor

Warga Banjarnegara tewas tertimpa tanah longsor

Kamis, 22 November 2012 22:22 WIB | 895 Views
http://www.blogger.com/blogger.g?blogID=2990551401152300558#editor/target=post;postID=5804219867651073675


ilustrasi Jalan raya Soreang-Ciweday di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, yang tertimbun longsor. (istimewa)


"Korban bernama Mujiono (40). Jenazah korban baru dapat dievakuasi sekitar pukul 17.30 WIB," kata petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara Andri Sulistyo di Banjarnegara, Kamis malam.

Berdasarkan informasi dari warga setempat, kata dia, kejadian tersebut bermula saat korban hendak pulang ke rumah setelah dari sawah sekitar pukul 15.00 WIB karena gerimis.

Saat melintas di saluran irigasi yang menuju sawahnya, korban berhenti guna membuang sampah yang menyumbat saluran irigasi tersebut.

Tanpa diduga, tebing setinggi enam meter di samping saluran irigasi tersebut longsor dan langsung menimbun korban.

Menurut Andri, kejadian tersebut pertama kali diketahui oleh istri korban karena Mujiono hingga sore hari belum pulang ke rumah sehingga dia mencari suaminya.

Ketika sampai di saluran irigasi, istri korban menemukan sandal dan cangkul milik Mujiono serta melihat bekas longsoran baru, sehingga dia segera berteriak minta tolong.

"Longsor tersebut diduga akibat hujan lebat yang turun dalam beberapa hari terakhir," katanya.

Setelah diperiksa oleh petugas Puskesmas Punggelan, kata dia, jenazah korban diserahkan kepada keluarganya untuk dimandikan dan dimakamkan di pemakaman setempat.

"BPBD juga telah ke lokasi kejadian dan rumah duka," katanya.

Terkait hal itu, kata dia, BPBD Banjarnegara mengimbau masyarakat setempat untuk waspada kemungkinan terjadinya tanah longsor karena wilayah ini termasuk daerah rawan longsor

(KR-SMT/Z002)
Editor: Ruslan Burhani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar