Jumat, 23 November 2012

gunung meletus

 http://nanopertapan.blogspot.com/2012/03/gunung-meletus-terseram-di-indonesia.html
Gunung Meletus Terseram di Indonesia | Tingkat bencana alam sangat besar, mulai dari gempa bumi, banjir bandang, angin puting beliung, hingga gunung meletus. Wilayah Indonesia yang masih memiliki banyak gunung berapi menimbulkan potensi gunung meletus di sebagian wilayah Indonesia.


Gunung Meletus

Gunung meletus tentulah bencana alam yang menakutkan sekaligus mengerikan bagi semua masyarakat. Lava gunung yang masih aktif akan keluar ketika gunung meletus, belum lagi pasir debu, dan awan panas yang jelas-jelas merugikan manusia.

Semburan lahar panas dan lava akan meluluhlantakkan apa pun yang dilewatinya. Rumah, jembatan, sekolah, jalan raya, bangunan permanen lainnya, hingga apa pun yang berhasil dilewatinya. Pepohonan dan tetumbuhan akan mati terkena luapan lahar panas.

Bencana gunung meletus tak bisa dianggap sepele. Anak-anak yang mengalaminya akan mengalami dampak traumatik bencana. Tak jarang, banyak anak yang mentalnya terganggu karena mengalami bencana dahsyat gunung meletus. Mereka akan ketakutan bila mendengar bunyi gemuruh atau ledakan, atau trauma melihat awan karena ngerinya kejadian yang mereka alami ketika gunung meletus terjadi.

Bencana alam gunung meletus sudah banyak terjadi di Indonesia. Gunung meletus terdahsyat pernah terjadi di Selat Sunda, yaitu Gunung Krakatau pada 1883. Disebutkan ledakan Krakatau 13.000 kali kekuatan bom atom. Bisa dibayangkan kerusakan yang disebabkan dengan meletusnya Gunung Krakatau ini. Saking dahsyatnya, suara ledakan dan bunyi gemuruh bebatuan yang dimuntahkan dapat didengar dari jarak ribuan mil. Bencana gunung meletus ini membuat mata dunia terbuka tentang bahayanya letusan sebuah gunung.

Ledakan Gunung Krakatau bisa terdengar sampai pulau-pulau kecil di laut Afrika Timur. Banyak korban jiwa yang meninggal saat terjadinya gunung meletus ini. Diperkirakan lebih dari 36 ribu jiwa yang terpanggang dan terkena letusan gunung Krakatau.

Tahun 1927, tempat Gunung Krakatau meletus muncul sebuah dataran tinggi yang berupa gunung baru yang diberi nama sebagai Anak Krakatau. Banyak orang yang mengkhawatirkan kalau Anak krakatau akan meletus, tetapi para ahli geologi menegaskan kemungkinan Anak Krakatau meletus sangat kecil sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar